Senin, 14 Oktober 2013

INTEGRITAS UNTUK JADI LEBIH BAIK


Integritas adalah konsistensi antara tindakan dan nilai.

Orang yang memiliki integritas hidup sejalan dengan nilai-nilai prinsipnya.
Individu yang memiliki integritas menikmati kesuksesan, kebahagiaan, dan bahkan kesehatan yang lebih baik.

Integritas seseorang bertahan jauh lebih lama daripada apa yang telah diperbuatnya.  Hasil dari integritas itu bisa dinikmati  oleh dirinya sendiri maupun orang lain, bahkan masyarakat luas sekalipun.

Di dalam kelompok, jika orang-orang di dalamnya memiliki nilai dasar yang jauh berbeda, maka akan sulit untuk bekerja bersama secara produktif. Namun jika dilihat lebih dalam, terkadang perbedaan yang terlalu jauh itu bukan dari nilai dasarnya, tetapi seringkali lebih kepada  kurangnya integritas antara apa yang dianggap berharga dan cara menggapainya. 
 
Untuk mengetahui nilai dasar kita, cobalah menuliskan beberapa nama orang yang paling kita kagumi/hormati, lalu tuliskan minimal 3 karakteristik utama yang paling melekat erat pada setiap nama tersebut, seperti cinta kasih, pelayanan, keyakinan, visi, karakter yang kuat, atau yang lainnya.

Integritas personal, kecerdasan, dan tingkat energi yang tinggi adalah penting untuk menggapai sukses, tetapi tanpa integritas, kecerdasan dan energi menjadi tidak berharga.
Pada dasarnya mengejar kekayaan adalah sah dan wajar, tetapi mengejar kekayaan tanpa integritas dapat membutakan orang/organisasi sehingga tindakan mereka tidak lagi bermoral.
Kepercayaan adalah kunci mutlak menuju kesuksesan jangka panjang, namun diatas semua itu integritaslah yang paling penting.  Pengejaran atasnya akan membuat kita memberikan yang terbaik dari diri kita.  

Integritas adalah tentang manusia yang utuh, dengan karakter, dengan kelengkapan dan kebaikan, seorang yang seimbang dan lengkap, dengan karakter yang mulia dan berprinsip. 
Kita tidak seharusnya memutuskan untuk melakukan sesuatu hanya karena orang lain melakukannya, dan ini butuh integritas.  Apakah kita harus ikut masuk ke jurang karena melihat banyak orang lain masuk ke jurang???  Apakah kita harus korupsi karena semua orang melakukannya???

Integritas adalah pilihan. Anda bisa masuk jurang, tetapi Anda tidak harus melakukannya.
Secara konkret, setidaknya ada 10 karakteristik yang secara konsisten diperlihatkan oleh orang-orang yang berintegritas tinggi:
  1. Anda menyadari bahwa hal-hal kecil itu penting
  2. Anda menemukan yang benar (saat orang lain hanya melihat warna abu-abu)
  3. Anda bertanggung-jawab
  4. Anda menciptakan budaya kepercayaan
  5. Anda menepati janji
  6. Anda peduli terhadap kebaikan yang lebih besar
  7. Anda jujur namun rendah hati
  8. Anda bertindak bagaikan tengah diawasi
  9. Anda mempekerjakan integritas
  10. Anda konsisten
Orang yang mempraktikkan kesepuluh karakteristik itu sepanjang waktu memiliki integritas yang hampir sempurna, akan tetapi hal itu sebenarnya tidak realistis, karena setiap kita tentu memiliki kekurangan.
Never mind, tidak masalah Anda tidak bisa sempurna, tapi dengan terus mengintegrasikan langkah itu dalam kehidupan sehari-hari, Anda akan mendapatkan manfaat dari Keunggulan Integritas dan.....
JADILAH LEBIH BAIK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar